Larangan Bagi MUSLIM Menghina Agama Lain


وَلا تَسُبُّوا الَّذِينَ يَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ فَيَسُبُّوا اللَّهَ عَدْوًا بِغَيْرِ عِلْمٍ كَذَلِكَ زَيَّنَّا لِكُلِّ أُمَّةٍ عَمَلَهُمْ ثُمَّ إِلَى رَبِّهِمْ مَرْجِعُهُمْ فَيُنَبِّئُهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (١٠٨)

108. dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan. Demikianlah Kami jadikan Setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. kemudian kepada Tuhan merekalah kembali mereka, lalu Dia memberitakan kepada mereka apa yang dahulu mereka kerjakan.
(QS AL An'am:108)

Islam melarang ummatnya mencerca,atau mencaci penyembahan orang lain. menghina adalah sifat manusia yang mengikutkan hawa nafsu. Islam melarang kita memaksa orang lain agama untuk memeluk Islam.Islam agama yang benar,kewajibaan kita hanyalah menyampaikan,ataupun memanggil manusia kejalan yang benar,bukan dengan paksaan,tapi dengan kerelaan.Sebab paksaan akan menimbulkan hal-hal yang tidak baik, dan mengakibatkan hilangnya sifat ikhlas.

Islam mengajak ummat lainnya supaya sama-sama kembali ketitik pertemuan,kalimah persamaan yaitu menyembah Tuhan yang Maha Esa dan tidak mempersekutukannya dengan apapun juga. Allah berfirman yang bermaksud:

قُلْ يَا أَهْلَ الْكِتَابِ تَعَالَوْا إِلَى كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ أَلا نَعْبُدَ إِلا اللَّهَ وَلا نُشْرِكَ بِهِ شَيْئًا وَلا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُولُوا اشْهَدُوا بِأَنَّا مُسْلِمُونَ (٦٤)

64. Katakanlah: "Hai ahli Kitab, Marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara Kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai Tuhan selain Allah". jika mereka berpaling Maka Katakanlah kepada mereka: "Saksikanlah, bahwa Kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)".
." (Q.S.al_Imran:64)


لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ (٦)

untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku." (Q.S. Al Kaafiruun: 6)

Islam melarang kita menyakiti hati orang lain dengan tindakan-tindakan yang kasar,zalim,ataupun perbuatan tercela lainnya. Cobalah kita perhatikan kitab suci al-Quranul karim yang begitu memuliakan Nabi Musa a.s.,Nabi Isa a.s.,dan Nabi-Nabi yang lainnya.Sifat yang baik ini mestilah pula dimiliki oleh semua pihak,jadi dengan sifat menhormati keyakinan orang lain,dan tidak menyakitkan hati pihak lain,Insya-Allah kerukunan Ummat menjadi kenyataan.

semoga tidak ada lagi olok olok dan saling menjatuhkan serta membandingkan satu dengan yang lain, al qur'an tidak mengajarkan hal yang demikian,

wallahu'alam.

9 komentar:

nandacell8000 said...

Makasih banget, akhirnya aku tersadar. Kadang suka juga menghujat, tapi karena terpancing. Mudah2an berkat pencerahan ini bisa lebih baik lagi di masa2 mendatang. Thanks...

Unknown said...

Makasih Om admin.. Jdi sya tau Sekarang marak yg menghina Islam.. Mugkin karena oknum yg Selalu merasa benar

Unknown said...

Terkadang muslim menghina agama lain krn mereka non muslim yg memulai memancing seperti misionaris banyak di website para misionaris yg mengungkit dan menyinggung Islam. Jd muslim tdk terima dgn hinaan mereka. Para misionaris yg tak paham Islam sama sekali tp seolah ulama besar.

Unknown said...

@Ilham Wiguna
Perlakuan buruk tidak harus di balas dg perlakuan buruk juga..
Karna balas dendam itu tidak baik...
Balas lah keburukan dg kebaikan agar mereka yang berbuat buruk menyadari keburukanya dan bertobat

Unknown said...

@Ilham Wiguna
Perlakuan buruk tidak harus di balas dg perlakuan buruk juga..
Karna balas dendam itu tidak baik...
Balas lah keburukan dg kebaikan agar mereka yang berbuat buruk menyadari keburukanya dan bertobat

Unknown said...

Kalo yg aq dapat dari ini adalah Menghakimi sesama agama aja gak diperbolehkan apa lagi menghakimi agama lain..

Unknown said...

Dah kamu tolol

Unknown said...

Sunguh benr fkta kalangn masarakt bhwa islm sring kli di salh gunakan . Misyal dngn mudh menghujat menggafirkan agma laen Pdahal bencana trbesar adalh banyak kita jumpai di masaya rakat iman lemah pemahaman awam sring kli agma kita goyah berpindh dngn penyapian lebut dasran dasaran kuwat bukti nyata .sring lh trjadi perpindahan agama. Sehrus nya bukan kita bukan hanya pandy mengfirkan urang tapi justru lbh baik adalh menolong pemahaman umat lemh meyakinkan bhwa islm itu agama sepurna.berusaha meyakinkan anutan izt .tlh di sepurnakan dalm kitab alQuran

NN said...

allah swt adalah tuhan palsu yang ngak tahu nama perempuan pertama dan ngak tahu umur adam.
tunjukan dalilnya kalau allah swt tahu, kalau ngak tahu bukanTuhan karna Tuhan maha tahu.

Surat Al-Jasiyah Ayat 16
ﻭَﻟَﻘَﺪْ ﺁﺗَﻴْﻨَﺎ ﺑَﻨِﻲ ﺇِﺳْﺮَﺍﺋِﻴﻞَ ﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏَ ﻭَﺍﻟْﺤُﻜْﻢَ ﻭَﺍﻟﻨُّﺒُﻮَّﺓَ ﻭَﺭَﺯَﻗْﻨَﺎﻫُﻢْ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻄَّﻴِّﺒَﺎﺕِ ﻭَﻓَﻀَّﻠْﻨَﺎﻫُﻢْ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴﻦَ
Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Bani Israil Al Kitab (Taurat), kekuasaan dan kenabian dan Kami berikan kepada mereka rezeki-rezeki yang baik dan Kami lebihkan mereka atas bangsa-bangsa (pada masanya).
Bani Israil diberikan kekuasaan dan kenabian.
Tunjukan dalilnya kalau allah swt berkata bangsa arab diberikan kekuasaan dan kenabian ?
Para nabi asli bani Israil, Tuhanya dalam bahasa Ibrani YHVH, tidak ada allah dalam Taurat Ibrani karna allah bukan Tuhan.

Surat Maryam Ayat 17
ﻓَﺎﺗَّﺨَﺬَﺕْ ﻣِﻦْ ﺩُﻭﻧِﻬِﻢْ ﺣِﺠَﺎﺑًﺎ ﻓَﺄَﺭْﺳَﻠْﻨَﺎ ﺇِﻟَﻴْﻬَﺎ ﺭُﻭﺣَﻨَﺎ ﻓَﺘَﻤَﺜَّﻞَ ﻟَﻬَﺎ ﺑَﺸَﺮًﺍ ﺳَﻮِﻳًّﺎ
maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.

Jibril cuma satu menjadi manusia.
Tuhan kristen cuma satu menjadi manusia.
Tuhan menjadi manusia yaitu Yesus.

Design by The Blogger Templates

Design by The Blogger Templates