Shalat (الصلاة)

Pengertian shalat menurut bahasa ialah berdo'a (memohon) sedang menurut pengertian syara' ialah ucapan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam, disertai dengan beberapa syarat yang sudah di tentukan. 
adapun shalat yang diwajibkan ada 5, masing masing wajib dikerjakan di awal waktu secara leluasa, sampai akhir waktu yang telah ditelah ditentukan. 
Menurut imam nawawi dinamakan shalat dzuhur karena shalat tersebut tampak nyata dilakukan ditengah siang hari. adapun permulaan waktunya yaitu mulai condongnya matahari dari tengah tengah langit.
condongnya matahari tersebut dapat kita ketahui dengan perpindahan bayangan ke arah timur sesudah bayangan yang terpendek habis, yakni saat-saat naiknya matahari.  adapun  habisnya waktu dhuhur ialah ketika bayangan sesuatu benda menjadi sama panjangnya dengan benda itu, selain bayangan waktu condong. 

Dinamakan Shalat ashar karena shalat tersebut mendekati waktu menjelang terbenamnya matahari. permulaan waktu shalat ashar yaitu bayangan suku benda itu menjadi bertambah panjang dari bendanya. 

dinamakan shalat maghrib karena shalat tersebut dikerjakan pada waktu terbenamnya matahari. adapun waktunya shalat maghrib itu hanya satu, yaitu mulai terbenamnya matahari secara keseluruhan dan adanya surut yang berlangsung sesudah terbenamnya matahari itu tidak mempengaruhi. 

dinamakan shalat isya' karena mengerjakannya didalam waktu permulaan gelap. Permulaan waktu shalat 'Isyak yaitu ketika mulai terbenamnya mega merah. bagi negara yang tidak terjadi keadaan mega merah terbenam maka waktu shalat isya' itu berada di dalam hak penduduk negara tersebut. atau dapat dilakukan dengan cara memperkirakan adanya keadaan yang telah lewat sesudah terbenamnya matahari yang disitu terdapat mega merah disekitar negara yang terdekat dengan penduduk. 

Arti Subuh menurut bahasa ialah permulaan siang dan shalat itu dinamai dengan subuh karena mengerjakannya dipermulaan siang.


0 komentar:

Design by The Blogger Templates

Design by The Blogger Templates