Dimana kehidupan Akherat

Sebagian orang mungkin sampai ini bertanya tanya dimana, apa dan bagaimana kehidupan akherat, sebagian yang lain mungkin tak pernah mau tau dan tidak ingin tahu dimana kehidupan akherat, dan bagaimana kehidupan akherat. dan beranggapan bahwa kehidupan akherat adalah sebuah kehidupan ghaib yang entah berada dimana. suatu kesan yang terlanjur dianut oleh kebanyakan umat islam pada saat ini adalah bahwa kehidupan akherat akan terjadi diluar alam semesta. 

Perlu kita ketahui bahwa kitab Suci Alquran adalah kitab yang menerangkan segala apa yang ada di bumi dan apa yang ada dilangit, berisi tentang kisah - kisah masa lalu, maupun gambaran tentang bagaimana masa depan dalam hal ini adalah kehidupan sesudah dihancurkannya bumi. segala apa yang akan terjadi dimuka bumi maupun apa yang pernah terjadi dimuka bumi telah di terangkan secara detail dalam Alquran.
Firman Allah SWT :

قَالَ فِيهَا تَحْيَوْنَ وَفِيهَا تَمُوتُونَ وَمِنْهَا تُخْرَجُونَ (٢٥
"Allah berfirman: "Di bumi itu kamu hidup dan di bumi itu kamu mati, dan dari bumi itu (pula) kamu akan dibangkitkan"
Dari Firman Allah Swt diatas dapat kita ambil 3 kesimpulan yaitu 

1. Dibumi itu kamu hidup : adalah suatu kenyataan yang tidak bisa disangkal karena pada saat ini telah kita rasakan dan kita jalani, 
2. Dibumi itu kamu mati : sekali lagi suatu bukti yang telah banyak kita lihat bahwa sanya kita mati / meninggal di bumi. meskipun kita belum merasakan hal ini. 
3. Dibumi itu kamu akan dibangkitkan : ..................?
benarkah kehidupan akherat ada di alam semesta yang kita singgahi saat ini....? kesimpulan ini mungkin akan banyak disangkal oleh beberapa orang, dan memutar balikkan kepercayaan yang beredar di kalangan umat islam saat ini bahwa kehidupan akherat adalah kehidupan yang entah terjadi dimana, namun berkaca pada ayat diatas dapat kita ambil kesimpulan awal bahwa permulaan kehidupan akherat adalah tidak lain dan tidak bukan berada dibumi.
Pertanyaan yang mungkin berada dibenak kita kemudian adalah bagaimana mungkin kehidupan yang sejak nabi adam sampai dengan kehidupan saat ini telah berganti ganti manusia apakah mungkin bumi akan cukup untuk menampung semua manusia...? 
didalam alqur'an telah dijelaskan informasi tentang bagaimana kehidupan akherat nanti baik dari permulaan sampai akhirnya manusia di giring baik ke neraka maupun ke syurga. 
Firman Allah SWT. 


وْمَ تُبَدَّلُ الأرْضُ غَيْرَ الأرْضِ وَالسَّمَاوَاتُ وَبَرَزُوا لِلَّهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارِ (٤٨
"pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikian pula) langit, dan meraka semuanya (di padang Mahsyar) berkumpul menghadap ke hadirat Allah yang Maha Esa lagi Maha Perkasa."
Dalam ayat diatas dijelaskan bahwa bumi akan diganti dengan bumi yang lain, dan langit pun akan diganti dengan langit yang lain. dapat kita indikasikan bahwa kehidupan diakherat nanti adalah tidak lain berasal dari bumi yang kita singgahi saat ini tentunya telah mengalami perubahan
dengan kekuasaan Allah SWT.
jadi tidak diragukan lagi bahwa nantinya kehidupan akherat bakal terjadi di planet bumi ini. bukan di planet lain, atau di galaxi lain, atau di sudut alam semesta manapun, akan tetapi kehidupan akherat nanti adalah di bumi yang kita singgahi saat ini. 

Sedikitnya terdapat empat pendapat yang berbeda tentang kehidupan akherat dikalangan umat islam, 
1. pendapat yang pertama adalah tentang kehidupan akherat dimana ruh orang yang meninggal akan menitis kembali kepada badan orang lain, pendapat ini adalah pengaruh dari ajaran agama diluar islam, mereka berpendapat bahwa ruh yang telah diciptakan, terdapat di dalam suatu alam ruh yang hidup di dalam alam arwah. maka ketika Allah SWT menciptakan manusia dia mengambil salah satu dari populasi ruh itu untuk dimasukkan kedalam jasad manusia yang telah diciptakan, mereka juga beranggapan bahwa kehidupan ini sebenarnya tetap dari dulu sampai sekarang, yang berganti ganti adalah badannya. sedangkan ruh nya adalah dalam jumlah yang tetap. dalam konsep agama lain disebut Reinkarnasi. 
2. Pendapat kedua bahwa kehidupan akherat adalah hanya terdiri dari ruh saja sedangkan badannya sudah kembali ketanah, dan ruhnya kembali kepada Allah SWT, pendapat ini yang banyak di percaya oleh umat islam,. 
mereka memandang bahwa alam akherat adalah sebuah alam ghaib non fisik, berupa alam arwah saja. kehidupan kedua itu menurut mereka adalah kehidupan yang immaterial, tidak tahu dimana kehidupan kedua itu akan berlangsung. sebuah kehidupan yang sangat abstrak dan entah dimana adanya. 
3. Kehidupan kedua adalah kehidupan sesudah kematian yang mana manusia akan dibangkitkan kembali dengan badannya. seperti sedia kala. mereka juga percaya bahwa kehidupan akherat tidak jauh berbeda dengan kehidupan saat ini, tentunya dengan kondisi baik fisik maupun roh yang jauh berbeda dengan kehidupan saat ini. 
4. pendapat keempat adalah mereka yang bingung karena tidak memiliki gambaran tentang bagaimana kehidupan akherat, bingung dan ragu karena tidak mempunyai petunjuk apapun. dan akhirnya memutuskan untuk tidak mau tahu dan tidak ingin tahu karena keterbatasan pengetahuan. 

Percaya kepada kehidupan akherat adalah salah satu dari rukun iman, yang wajib dipercayai oleh umat islam. kehidupan dii dunia ini cepat atau lambat pasti akan berakhir dengan kematian, kita tidak akan pernah tahu kapan hal itu akan terjadi. bisa jadi kematian akan menimpa kita besok, bulan depan, atau tahun depan.
sudah siapkah kita berjumpa dengan alam akherat, hari pembalasan , hari perhitungan amal perbuatan , suatu masa dimana pintu taubat sudah tidak ada lagi,.........? 

Wallahu'alam 

0 komentar:

Design by The Blogger Templates

Design by The Blogger Templates