Belajar Membaca Alquran (Tidak Ada Metode Instant Cepat Bisa Membaca Al quran)


Rasulullah Muhammad Saw adalah nabi terakhir yang ditunjuk oleh Allah Swt untuk menegakkan agama Islam di muka bumi ini sebagai petunjuk bagi umat manusia sampai hari akhir. Nabi Muhammad Saw adalah pemimpin, pemberi petunjuk dan panutan bagi kaum Muslimin. Tindakan-tindakannya, secara pribadi maupun di depan publik, selalu mendapat bimbingan dari Allah Swt sehingga ia menjadi lambang bagi orang yang berbudi luhur, berperilaku dan berkarakter mulia.

/*belajar membaca alquran,belajar membaca alquran,membaca alquran,alquran*//


Ingin cepat, adalah tabiat manusia yang tanpa pengawalan ketat akan menjatuhkan manusia kepada nafsu. Ingin cepat naik pangkat, ingin cepat kaya, bahkan ingin cepat bisa membaca Al qur-an. hal ini yang mendasari kemudian menjadi target market penjualan metode belajar membaca Al qur-an dengan muncul berbagai ebook, cd dll,  yang menawarkan kemudahan dan  impian  indah akan sesuatu hal yang kurang bisa diterima oleh akal sehat. yakni ingin cepat bisa membaca Al qur-an.

Banyak sekali metode yang menjanjikan penggunanya dapat membaca Al qur-an dengan cepat baik berupa buku maupun CD.Baik pengguna maupun penyusun metode yang berorientasi pada "Cepat Bisa" telah menyalahi banyak hal dalam kaidah-kaidah keilmuan.
Tidak ada metodologi yang instan dan serba cepat agar kita bisa menjaga dan menerapkan  Kitabullah  wdan Sunah Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari, di masa kini dan seterusnya. Tapi butuh strategi yang luas dalam jangka panjang yang akan membuahkah hasil.  
Membekali Diri dengan Pengetahuan tentang Islam, belajar membaca Al-Quran, belajar bahasa Arab, sering mendengarkan ceramah-ceramah agama oleh ulama, bisa menambah pengetahuan kita tentang apa dan bagaimana membaca alquran.


Mempelajari Sirah, tentang kehidupan Rasulullah Saw dan Hadist. Ini bisa dilakukan dengan banyak membaca atau mendengarkan ceramah keagamaan tentang kehidupan Rasulullah Saw. sering mengikuti majelis taklim, pengajian-pengajian.

Melaksanakan Kewajiban-Kewajiban Agama Tak peduli betatapun beratnya, laksanakan kewajiban-kewajiban utama seorang Muslim, seperti salat lima waktu dan puasa di bulan Ramadan.Cari Teman yang Seiman Bergaulah dengan sesama Muslim yang taat menjalankan ajaran Islam, termasuk mengenali keluarga mereka. Melibatkan diri dalam berbagai kegiatan berbasis sosial kemasyarakatan.
    Tantangan yang sebenarnya, bukanlah pada apakah kita bisa belajar membaca al quran....? akan tetapi  tantangan terberat adalah apakah umat Islam bisa mempraktekkan ajaran Islam dan Sunah Rasulullah Saw dengan benar dan Istiqomah. 

    Imam Syafi'i dalam kitabnya Taklimul muta'alim menjelaskan syarat syarat untuk mencari ilmu ada 6 perkara :

    ذكاء وحرص واصطباروبلغة وارشاد استاذ وطول زمان

    cerdas, semangat, sabar, biaya, petunjuk guru dan waktu yang lama


    syarat yang pertama : Cerdas, artinya kemampuan untuk menyerap ilmu, bukan berarti IQ harus tinggi, asal akalnya mampu menangkap ilmu (tidak gila atau ideot / kurang aqal) maka berarti sudah memenuhi syarat pertama.
    syarat yang kedua : Semangat, dalam arti bersungguh-sungguh dan tekun, mencari ilmu tanpa semangat dan ketekunan tidak akan menghasilkan apa-apa, apalagi ilmu agama.

    Syarat yang ketiga :  Sabar, tabah menghadapi cobaan dan ujian dalam mencari ilmu, orang yang mencari ilmu adalah orang yang mencari jalan lurus menuju penciptanya, oleh karena itu syetan sangat membenci mereka, apa yang di kehendaki syetan adalah agar tidak ada orang yang mencari ilmu, sehingga  mudah untuk digoda dan di sesatkan.

    Syarat yang keempat : Biaya, artinya orang yang mencari ilmu perlu biaya, biaya disini disini dalam arti biaya untuk memenuhi kebutuhan kita makan minum sandang dan papan secukupnya, serta keperluan untuk mencari ilmu buku pedoman atau kitab, dll.

    Syarat yang ke lima : Petunjuk guru, artinya orang yang mencari ilmu harus digurukan tidak boleh dengan belajar sendiri apalagi ilmu agama. mencari ilmu tanpa seorang guru seringkali menyebabkan kita tersesat.

    Syarat yang ke enam : Waktu yang lama,

    0 komentar:

    Design by The Blogger Templates

    Design by The Blogger Templates