Syaithon / Setan / Satan (Agoes Tedja)




Alhamdulillah segala puji bagi Allah yg telah memberikan ni’mat Iman dan Islam kepada kita. Aku bersaksi tiada Tuhan yg wajib disembah kecuali Allah. Tiada sekutu baginya. Dialah yg memiliki kerajaan langit dan bumi. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah. 
Dalam Al Qur'an Dijelaskan  bahwa sanya salah satu adab / tatakrama dalam membaca ayat suci al quran adalah hendaknya memohon perlindungan kepada Allah SWT, 

Sebagaimana kita semua ketahui bahwa Iblis / syaithon telah mengikrarkan permusuhan terhadap manusia di hadapan Allah, sebagaimana terdapat dalam firman Allah SWT dalam Surah Al A'raaf : 16-17 : 

قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لأقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ (١٦)
ثُمَّ لآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ وَلا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ (١٧)

"iblis menjawab: "Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat)."
Kebencian dan permusuhan iblis telah di mulai ketika pertama kali manusia diciptakan,  bahaya dan tipu daya mereka sangat nyata merusak manusia. ini semakin berbahaya karena iblis tidak terlihat oleh manusia. Akan tetapi telah dijelaskan dalam Al Quran :
Firman Allah Swt
 إِنَّهُ لَيْسَ لَهُ سُلْطَانٌ عَلَى الَّذِينَ آمَنُوا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ (٩٩)
إِنَّمَا سُلْطَانُهُ عَلَى الَّذِينَ يَتَوَلَّوْنَهُ وَالَّذِينَ هُمْ بِهِ مُشْرِكُونَ (١٠٠)

“ Sesungguhnya syaitan itu tidak ada kekuasaan nya atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya. Sesungguhnya kekuasaan nya (syaitan) hanyalah atas orang-orang yang mengambilnya Jadi pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah.” (QS An Nahl : 99 – 100)

Dalam Firman Allah SWT diatas telah dijelaskan bahwa setan / satan tidak punya kekuasaan atas orang yang beriman dan bertawakkal kepada Allah, sebaliknya kekuasaan setan hanya kepada mereka manusia yang menjadikan setan pemimpin mereka dan mempersekutukan nya dengan allah swt. 

Pertanyaan dari saudaraku "Bang Agoes Tedja" : Apakah Cukup hanya dengan membaca Ta'awudz saja atau apakah ada cara cara lain ...? 

Sesungguhnya jalan untuk menghindari godaan setan adalah seperti dijelaskan diatas yakni beriman dan bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wata'ala. adapun Isti'adzah atau membaca Ta'awudz sebelum membaca Al Quran adalah Salah satu hal yang diperintahkan Allah agar kita meminta perlindungan kepada-Nya adalah saat kita membaca Al-Quran.:
Allah Subhanahu Wata'ala berfirman,
فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ (٩٨)
“Apabila kamu membaca Al-Quran, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.” (An-Nahl:98 )
Al-Quran adalah obat bagi apa yang ada dalam dada. Ia menghilangkan godaan yang dimasukkan setan ke dalam dada. Al-Quran adalah penawar bagi apa yang diperintahkan setan dalam dada seorang hamba.
Hal ini di pertegas kembali dalam Al Qur'an Surah An Naas : 1 - 6, 
"Katakanlah: "Aku berlidung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. raja manusia.. sembahan manusia.  dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi,.yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia."
Maka, jika kita hendak membaca Al-Quran, kita diperintahkan mengusir godaan setan tersebut, mengosongkan hati darinya. setan memperdaya pembaca Al-Quran agar ia lupa dari merenungi makna ayat yang dibacanya.dan dapat menjadikan amalan membaca al Quran menjadi tidak bermanfaat. setan menggoda seorang hamba yang sedang membaca Al-Quran, merancukannya dan menggodanya sehingga lisannya keliru membaca atau mengusik akal dan hatinya.
Contoh nyata perbuatan setan saat kepada pembaca al qur'an mungkin sudah sering kita lihat dan mungkin kita alami. 
* Rasa Malas, Ngantuk dan atau Jenuh pada saat membaca Al Quran, 
* Ber Niat untuk mengkhatamkan Al Qur'an namun sampai 1 Tahun tidak sekalipun Khatam Al Quran, 
* Dll
Setan Dalam hal ini  sangat bersungguh-sungguh menggoda manusia saat ia ingin melakukan kebaikan, atau ketika sedang melakukannya, setan berusaha keras agar hamba tersebut tidak melanjutkan perbuatan baiknya. Setan senantiasa menghalangi manusia pada setiap jalan kebaikan.  apalagi saat membaca Al-Quran. 
Karena itu, Allah memerintahkan kepada hamba-Nya agar memerangi musuh yang menghalangi jalannya berlindung kepada Allah dari Godaan Setan merupakan hal yang penting. Jangan sampai seorang hamba melalaikan hal ini. Demikian juga membaca ta’awwudz sebelum membaca Al-Quran. Hendaknya hal ini diperhatikan oleh setiap hamba Allah yang ingin membersihkan jiwanya.

Wallahu'alam 

0 komentar:

Design by The Blogger Templates

Design by The Blogger Templates