Manusia Yang Bagaimanakah Saya ........?

Manusia pada dasarnya adalah ciptaan yang paling anggun dan mulia. Dalam pandangan Islam, pembicaraan mengenai penyempurnaan jiwa dan maknawi tidak membeda-bedakan antara laki-laki dan perempuan. Laki-laki dan perempuan sama-sama memiliki potensi untuk menerima ajaran samawi Al-Quran.

Laki-laki dan perempuan tidak memiliki perbedaan dalam kemampuan akal dan kebijaksanaan, dalam menentukan dan memilih jalan hidup yang benar, serta dalam menemukan hakikat kebenaran. Kaum perempuan, sebagaimana laki-laki, memiliki potensi untuk mencapai posisi ruhani yang tinggi. Allah (swt) juga menegaskan bahwa orang terbaik di antara umat manusia adalah mereka yang bertakwa, baik itu laki-laki maupun perempuan.

Di Dalam Alquran banyak sekali ayat - ayat yang menjelaskan bahwa manusia adalah makhluk yang diciptakan lebih baik dari makhluk yang lain baik dari bentuk fisik maupun non fisik, akan tetapi kita watak , tabiat , perilaku, atau apapun itu, namanya manusia tetaplah bukan Tuhan yang memiliki Kesempurnaan. 

Seringkali kita terkecoh oleh ayat - ayat yang menjelaskan keadaan , bentuk , dan penciptaan manusia yang sempurna sedangkan dalam ayat - ayat yang lain dijelaskan bahwa manusia yang benar imannya adalah mereka yang bertakwa. 

Sedangkan mereka (manusia) yang banyak ingkar bahkan lebih rendah dari binatang ternak, dan mereka dikutuk atau dilaknat oleh Allah SWT menjadi Kera dan Babi.
Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka Jahannam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami ayat-ayat Allah dan mereka mempunyai mata tetapi tidak dipergunakannya untuk melihat tanda-tanda kekuasaan Allah, dan mereka mempunyai telinga tetapi tidak dipergunakannya untuk mendengar ayat-ayat Allah. Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.
Al A'raaf : 179
Katakanlah:
"Apakah akan aku beritakan kepadamu tentang orang-orang yang lebih buruk pembalasannya dari orang-orang fasik itu disisi Allah, yaitu orang-orang yang dikutuki dan dimurkai Allah, di antara mereka ada yang dijadikan kera dan babi dan orang yang menyembah thaghut?." Mereka itu lebih buruk tempatnya dan lebih tersesat dari jalan yang lurus.
Al Maa'idah : 60

Jadi .........................!? 
Apakah kita termasuk manusia yang Mulia yang mana malaikat dan jin bersujud kepada kita....?

Ataukah kita termasuk manusia yang hina.........?



Wallahu A'lam

1 komentar:

Anonymous said...

apakah saya bisa meminta email anda, agar saya bisa berkomunikasim,, atau anda YM aja ke mindrar96@yahoo.com

Design by The Blogger Templates

Design by The Blogger Templates