Hukuman

Hukuman adalah sanksi fisik maupun psikis untuk kesalahan atau pelanggaran yang dilakukan. hal tersebut adalah sebuah cara untuk mengarahkan sebuah tingkah laku agar sesuai dengan aturan yang berlaku secara umum. Hukuman diberikan ketika sebuah tingkah laku yang tidak diharapkan dilakukan oleh seseorang ketika yang bersangkutan tidak memberikan respon atau tidak menampilkan sebuah tingkah laku yang diharapkan. lebih jauh hukuman mengajarkan tentang apa yang tidak boleh dilakukan, yang terdapat dalam sebuah komunitas atau kelompok agar satu sama lain merasa aman dan tentram.

Fungsi Hukuman

Fungsi penting dari hukuman yang berperan besar bagi pembentukan  tingkah laku yang diharapkan :
*  Membatasi perilaku. Hukuman menghalangi terjadinya pengulangan tingkah laku yang tidak diharapkan.
*  Bersifat mendidik.
*  Memperkuat motivasi untuk menghindarkan diri dari tingkah laku yang tidak diharapkan.

Hetiga point penting dari fungsi hukuman diatas adalah fungsi yang didasarkan pada segi sebab sedangkan jika ditinjau dari sudut pandang akibat hukuman berperan besar dalam menjaga kedamaian , ketenangan , ketentraman dan keselamatan suatu komunitas , kaum , umat , dan atau sebuah negara.

Hal ini secara tersurat dijelaskan dalam Firman Allah Subhanahu wata'ala :

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالأرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ (٩٦)
"Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan ayat-ayat Kami itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. Al A'raaf : 96"

Hukum dan Hukuman yang telah diatur baik hukum Allah subhanahu wata'ala dalam Alquran maupun hukum buatan manusia secara fisik memang terlihat membatasi kebebasan , membatasi gerak dan tingkah laku kita dalam berbuat sesuatu. Namun jika kita (manusia) mau sadar diri dan memahami serta mengamalkan maka sudah pasti kebaikan , keselamatan , ketentraman , ketenangan , kedamaian, dll yang dijanjikan NYA akan terjadi. Namun , jika kita (manusia) lebih memilih untuk memuaskan hawa nafsu , keinginan, mengabaikan perintah dan menjalankan larangan maka sudah pasti Azab yang dijanjikan NYA lah yang ditimpakan.

Perkembangan Terkini
Hukum Islam dan aturan aturan yang terdapat didalam Kitabullah selalu menjadi debat yang kontroversial. Pro dan kontra penerapan hukum selalu bertarung di tingkatan masyarakat, maupun para pengambil kebijakan. Kontroversi hukuman juga eksis baik itu di panggung internasional maupun nasional.

Sebagian orang merasa hal itu perlu karena melihat betapa Janji - Janji Nya sudah dirasakan dan atau dialami oleh mereka yang notabene merasa prihatin, namun sebagian lagi merasa hukum islam hanya akan membatasi nafsu dan keinginan mereka, bahkan tidak sedikit mereka yang beragama islam menganggap bahwa hukum islam telah ketinggalan zaman sehingga mereka menciptakan hukum baru dengan mengutip sebagian ayat ayat Al Quran dan menjadikannya sebagai landasan atau dasar yang dibenarkan.

Perkembangan peradaban bangsa-bangsa di dunia saat ini, adalah kehidupan yang kalau boleh dibilang melampaui kehidupan Jahiliyyah dimasa Rosulullah, Semakin lama kehidupan ini bukanlah menuju kepada kehidupan yang lebih baik akan tetapi kehidupan menuju kepada suatu akhir masa , sebagaimana kehidupan manusia menuju kepada Kematian.

Itulah yang pasti terjadi ketika manusia sudah tidak lagi menghiraukan Hukum Allah (Ayat - Ayat Allah Subhanahu wata'ala.)

Wallahu A'lam

0 komentar:

Design by The Blogger Templates

Design by The Blogger Templates