Apa ISLAM itu..?

Tidak dapat kita pungkiri bahwasanya kebanyakan orang akan bingung dan bimbang manakala sesuatu yang selama ini dia pahami mempunyai arti yang berbeda dengan orang lain. Suatu keyakinan dan perbuatan dianggap sebagai suatu perbuatan yang Islami bagi sebagian orang  ternyata bukan Islam dan tidak sedikit suatu keyakinan dan perbuatan dianggap bukan Islam ternyata itu adalah yang menurut orang lain adalah perbuatan yang islami. Kenapa ini bisa terjadi? 

Hal tersebut terjadi karena semakin banyaknya orang para cendikiawan dari luar islam yang pada akhirnya percaya dan masuk islam masih membawa kebudayaan atau ajaran dari agama yang mereka anut sebelumnya. Ironisnya hal itu dilakukan oleh para tokoh intelektual  dan cendikiawan penganut agama sebelum islam.  hal ini sebenarnya sudah dijelaskan oleh Allah Swt dalam Alquran dan hadist nabi dimana pada suatu waktu nanti umat islam akan terbagi menjadi beberapa golongan (lebih lengkap baca disini) : 

Maka amat sangat wajar jika terjadi perbedaan - perbedaan kecil baik dalam perkataan maupun perbuatan  akan tetapi hal tersebut tidak lantas menjadikan suatu hal yang pantas dan harus serta sangat untuk diperdebatkan serta saling mengklaim bahwa golongannya-lah yang benar sedangkan golongan yang lain adalah salah., dirasa sangat perlu untuk dimengerti oleh setiap orang bahwa kita sebagai manusia biasa adalah memang tempat dari salah dan lupa, kebenaran yang haqiqi adalah milik Allah SWT,  yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui. 
Kembali kepada pokok permasalahan diatas yakni kata Islam, sebagian besar ahli Tafsir berpendapat bahwa kata islam berasal dari kata salima yuslimu istislaam (artinya, tunduk atau patuh) selain yaslamu salaam (yang berarti selamat, sejahtera atau damai). Menurut bahasa Arab, pecahan kata Islam mengandung pengertian: islamul wajh (ikhlas menyerahkan diri kepada Allah QS. 4:125),

وَمَنْ أَحْسَنُ دِينًا مِمَّنْ أَسْلَمَ وَجْهَهُ لِلَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ وَاتَّبَعَ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا وَاتَّخَذَ اللَّهُ إِبْرَاهِيمَ خَلِيلا (١٢٥)

125. dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayanganNya.

atau tunduk dan patuh seperti di jelaskan dalam QS 2:131

ذْ قَالَ لَهُ رَبُّهُ أَسْلِمْ قَالَ أَسْلَمْتُ لِرَبِّ الْعَالَمِينَ (١٣١)

131. ketika Tuhannya berfirman kepadanya: "Tunduk patuhlah!" Ibrahim menjawab: "Aku tunduk patuh kepada Tuhan semesta alam".


istislama (tunduk sepenuhnyal kepada Allah QS. 3:83),

أَفَغَيْرَ دِينِ اللَّهِ يَبْغُونَ وَلَهُ أَسْلَمَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَإِلَيْهِ يُرْجَعُونَ (٨٣)

83. Maka Apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, Padahal kepada-Nya-lah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allahlah mereka dikembalikan.

salaamah atau saliim (suci dan bersih QS. 26:89),

لا مَنْ أَتَى اللَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ (٨٩)

89. kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih,

dan silm (tenang dan damai QS.47:35).

فَلا تَهِنُوا وَتَدْعُوا إِلَى السَّلْمِ وَأَنْتُمُ الأعْلَوْنَ وَاللَّهُ مَعَكُمْ وَلَنْ يَتِرَكُمْ أَعْمَالَكُمْ (٣٥)

35. janganlah kamu lemah dan minta damai Padahal kamulah yang di atas dan Allah pun bersamamu dan Dia sekali-kali tidak akan mengurangi pahala amal-amalmu.

Pengertian Islam
Islam dapat kita artikan: tunduk dan menerima segala perintah dan larangan Allah yang terdapat dalam wahyu yang diturunkan Allah kepada para Nabi dan Rasul yang terhimpun di dalam Alquran dan Sunnah. Manusia yang menerima ajaran Islam disebut muslim. Seorang muslim mengikuti ajaran Islam secara total dan perbuatannya membawa perdamaian dan keselamatan bagi manusia. Dia terikat untuk mengimani, menghayati, dan mengamalkan Alquran dan Sunnah secara utuh dan tanpa tawar menawar.


Artikel Lain :





0 komentar:

Design by The Blogger Templates

Design by The Blogger Templates