Bencana , Musibah atau Azab adalah Perbaikan

Azab , Peringatan dan atau Perbaikan 

Bencana atau Musibah adalah suatu kejadian buruk yang menimpa manusia maupun apa saja yang ada di alam semesta. Sebagian orang memiliki persepsi yang berbeda dalam menanggapi setiap Bencana atau Musibah yang ada, pada dasarnya Bencana dan atau musibah bagi manusia ada tiga macam, yaitu : Pertama, sebagai ujian. Kedua, sebagai peringatan. Ketiga, sebagai adzab.

Seperti yang telah kami Uraikan pada Catatan Sebelumnya bahwa Adzab tidak hanya menimpa bagi mereka orang orang Kafir akan tetapi Adzab juga bisa menimpa orang orang yang beriman. dan dalam setiap bencana atau musibah pasti ada hikmahnya Ketiga macam bentuk atau sebutan bagi bencana pada dasarnya adalah sama, yakni sama sama bencana atau musibah.

Yang kemudian menjadikannya berbeda adalah terletak pada pola pikir dan sudut pandang mereka yang menterjemahkan suatu kejadian tersebut. Bagi Mereka yang benar benar beriman adanya suatu bencana atau musibah adalah sudah ketentuan dari Allah Swt, dan mereka percaya bahwa bencana tersebut adalah bentuk dari Ujian , peringatan dan Adzab.

1. Bencana dikatakan sebagai Ujian adalah Manakala Bencana atau Musibah tersebut menimpa mereka orang orang yang beriman dan beramal saleh.

2. Bencana dikatakan sebagai peringatan adalah manakala Bencana atau musibah tersebut menimpa mereka yang telah beriman dan beramal saleh akan tetapi melakukan suatu kesalahan / kealpaan sehingga allah swt menimpakan bencana agar mereka Ingat dan Sadar bahwa apa yang telah mereka lakukan adalah suatu kesalahan.

3. Bencana dikatakan sebagai Adzab adalah manakala Bencana atau musibah tersebut menimpa / terjadi pada mereka yang telah benar - benar kufur akan Nikmat yang telah Allah Swt berikan. mereka ingkar dan tetap tidak mau beriman dan beramal saleh.

Lantas bagaimana dengan Bencana dan Musibah yang beberapa tahun belakangan seringkali terjadi...?
apakah termasuk dalam kategori Adzab, Ujian atau Peringatan...?

Jawab :
Ketiga - tiganya adalah benar...!
Sebagai contoh Tsunami yang menimpa Saudara - saudara kita di Aceh beberapa Tahun yang lalu, dimana bencana atau musibah tersebut adalah bentuk dari Adzab, Ujian Dan Peringatan. yang aplikasinya sebagaimana telah dijelaskan diatas atau kurang lebih adalah sebagai berikut :

1. Bagi mereka yang Seringkali melakukan Berbagai bentuk Kemaksiatan dan Perbuatan Mungkar  dan meninggal dunia dalam Bencana Atau Musibah tersebut adalah suatu bentuk Adzab karena tidak menghiraukan pesan - pesan yang telah tertulis dalam Alquran.

2. Bagi mereka yang selamat :
a. Ujian : Bagi mereka yang beriman dan beramal saleh untuk tetap bersabar dan menerima dengan ikhlas setiap bentuk cobaan dari Allah Swt.
b. Peringatan : ditujukan bagi mereka yang belum beriman dan beramal saleh, bencana tersebut adalah peringatan yang ditampakkan kepada mereka agar mereka semakin yakin bahwa tidak ada daya dan upaya dan tidak ada kekuatan dan keselamatan serta tidak ada Tuhan Selain Allah Swt.

Baik Adzab, Peringatan maupun Ujian adalah Benar dan yang menjadikannya berbeda adalah Pola pikir dan Sudut pandang kita masing - masing dari mana kita melihat dan menilai suatu musibah dan atau bencana tersebut.

Suatu Bencana baik itu Tsunami ataupun Banjir dikatakan perbaikan adalah karena bencana tersebut adalah suatu hasil atau akibat dari tangan - tangan kotor manusia yang kurang Akal diantara kita. yang telah banyak berbuat kerusakan di muka bumi, baik yang bersifat fisik maupun moral


Menentang perintah Allah seperti Perzinahan, mengurangi timbangan , kesewenang wenangan , ketidak perdulian , dll

kerusakan fisik diantaranya , Mendirikan Gedung yang Tinggi - Tinggi , berlebihan dalam Hal Duniawi, merusak alam atau lingkungan. Mengeruk Gunung atau bukit untuk dijadikan tanah lapang dan lain sebagainya.

janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah Allah memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut tidak akan diterima dan harapan akan dikabulkan. Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.

Al A'raaf : 56

"Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah Tuhan memperbaikinya. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika betul-betul kamu orang-orang yang beriman."

Al A'raaf : 85

Wallahu'alam.

Design by The Blogger Templates

Design by The Blogger Templates